Kamis, 04 November 2010

Ciri-ciri perubahan perilaku

Oleh Akbar Bahaulloh

Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku karena pengalaman.Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Nana Syaodih Sukmadinata (2005) menyebutkan bahwa sebagian terbesar perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar. Lantas, apa sesungguhnya belajar itu ?
Di bawah ini disampaikan tentang pengertian belajar dari para ahli :
  • Moh. Surya (1997) : “belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”.
  • Witherington (1952) : “belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk keterampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan kecakapan”.
  • Crow & Crow dan (1958) : “ belajar adalah diperolehnya kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap baru”.
  • Hilgard (1962) : “belajar adalah proses dimana suatu perilaku muncul perilaku muncul atau berubah karena adanya respons terhadap sesuatu situasi”
  • Di Vesta dan Thompson (1970) : “ belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman”.
  • Gage & Berliner : “belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang yang muncul karena pengalaman”
Ciri-ciri dari perubahan perilaku antara lain
  1. Perubahan yang disadari dan disengaja, merupakan perubahan perilaku yagn terjadi akibat usaha sadar dan disengaja oleh individu yang bersangkutan
  2. Perubahan yang berkesinambungan atau kontinyu
  3. Perubahan perilaku yang fungsional, artinya perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup invidu yang bersangkutan bail untuk masa sekarang maupun masa mendatang
  4. Perubahan perilaku yang bersifat positif, yaitu perubahan perilaku yang bersifat normatif dan menunjukan ke arah kemajuan
  5. Perkembangan yang bersifat aktif, individu yang bersangkutan berubah menjadi lebih aktif.
  6. Perubahan yang bersifat permanen
  7. Perubahan yang bertujuan dan terarah, adalah individu yang bersangkutan dalam melakukan suatu kegiatan pasti ada tujuan dan maksud yang ingin dicapai
  8. Perubahan perilaku secara keseluruhan, yaitu perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar meperoleh pengetahuan semata, tetapi juga memperoleh perubahan dalam sikap  ketrampilannya. Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar